Friday, January 31, 2014

KHASIAT AYAT AL-QUR;AN



KEUTAMAAN AYAT KURSI



Terjemahan Ayat Kursi
Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhlukNya, tidak mengantuk dan tidak tidur KepunyaanNya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izinNya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang meraka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi, Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS : Al-Baqarah : 255)



Imam Bukhari meriwayatkan sebuah hadits yang bersumber dari Abu Hurairah r.a bahwa ia berkata : “Pada suatu hari di bulan Romadhon aku ditugaskan oleh Rasulullah saw menjaga gudang zakat tiba-tiba waktu tengah malam, akau telah dikejutkan denagn munculnya seorang laki-laki tua mencuri segenggam makanan, dan untung dia berhasil kutangkap.
 “Kepada Abu Hurairah berkata : “Perbuatanmu ini akan ku laporkan kepada Rasullah saw”. Mendengar ancaman Abu Hurairah, pencuri itu merasa ketakutan lalu berkata : “Aku mencuri makana ini karena terpaksa sebab aku adalah orang-orang yang sangat miskin, lagupula keluarga yang menjadi tanggunganku banyak”.
Mendengar kaluhan pencuri itu Abu Hurairah menaruh belas kasihan, dan akhirnya ia dilepaskan dengan membawa hasil curiannya. Mungkin anggapan Abu Hurairah bukan harta atau zakat itu toh akhirnya diberikan kepada fakir miskin.
Keesokan harinya Abu Hurairah pergi menghadap Rasulullah saw tetapi sebelum ia mengutarakan maksudnya, beliau terlebih dahulu bertanya : “Hai Abu Hurairah, apakah yang dilakukan tawananmu semalam ? “. Dengan heran abu Abu Hurairah menjawab : “Pencuri itu kulepaskan ya Rasulullah, sebab ia orang miskin lagipula keluarga tanggungannnya banayak dan akau merasa kasihan kepadanya”.
“Dia berkata bohong kepadamu, padahal nanti amalam dia akan datang lagi”, kata beliau, Dan rupanya Abu Hurairah itu bukan tipe seorang penjaga gudang maka berkali-kali ia gampang dibujuknya dengan berbagai alasan. Tetapi untuk yang terakhir kali ini atas tekanan Rasulullah, bahwa si pencuri itu pendusta, maka ia termasuk akan menangkapnya untuk diserahkan kepada beliau.
Dan setelah pencuri itu berhasil ditangkap, ia berkat : “Nah, kali ini kamu tidak akan kulepaskan walaupun apa saja alsanmu. Sudah berkalai-kali kamu membohongiku”. Melihat gerak Abu Hurairah yang sangat serius pencuri itu berputus asa dan berkata : “Lepaskan aku, nanti kamu akan kuajari beberapa kalimat yang berguna bagimu “. “Kalimat apak itu ?”, tanya Abu Hurairah dengan rasa ingin tahu,
Pencuri itu pun berkata : “Bila kamu akan tidur bacalah ayat kursi niscaya Allah akan memeliharamu hingga syetan tidak berani mengganggumu. Karena dia diajari kalimat yang berguna baginya, akahirnya pencuri itu pun dilepaskan pula. Kemudian keesokan harinya ia datang menghadap Rasulullah, dan menceritakan kejadiannya semalam dengan pencuri itu. Karenanya, beliau bertanya : “Kalimat apakah itu ?”. Abu Hurairah menjawab : “Bila akau kana tidur disuruh membaca ayat kursi, yang katanya Allah akan memberikan perlindungan kepadaku sehingga syetan tidak akan berani menggangguku’. Beliau bersabda : “Kamu tahu Abu Hurairah, pencuri itu telah berkata benar kepadamu sekali pun ia adalah pendusta, dan tahukah siapakah pencuri itu ?”. Abu Hurairah menjawab : “Hanya Allah dan Rasul-Nya yang mengetahui tentang hal itu”. “Pencuri itu adalah iblis (syetan) yang menyerupai orang tua miskin”, jawab Rasulullah. Demikianlah keutamaan ayat kursi yang dapat dijadikan perisai diwaktu tidur.

Keutamaan-keutamaan Ayat Kursi sebagai berikut :

1.      DAPAT MELINDUNGI PERLINDUNAGN DARI GODAAN SYETAN
Barangsiapa yang membiasakan membaca Ayat Kursi  dikala akan berangkat tidur di pembaringan, niscaya Allah SWT akan memberikan perlindungan baginya dari gangguan syetan hingga ia bangun kembali.

2.      DAPAT MENDATANGKAN HAJAT
Barangsiapa mempunyai hajat yang ingin tercapai, maka bacalah Ayat Kursi sebanyak 100 kali pada tengah malam yang sunyi sesudah shalat hajat, seraya memohon kepada Allah dengan menyebutkan hajatnya yang dimaksud.

3.      DAPAT MENYEMBUHKAN PENYAKIT GILA/AYAN
Apabila ada orang yang terkena penyakit ayan, maka bacakanlah  Ayat Kursi sebanyak 7 kali pada ubun-ubunya secara dihembus-hembuskan.

4.      DAPAT MENYEMBUHKAN MULUT ORANG JAHAT
Apabila Anda hendak berhadapan dengan orang jahat, maka sebelum Anda berangkat menghadap, bacalah Ayat Kursi sebanayak 7 kali.

5.      DAPAT MELINDUNGI DALAM PERJALANAN
Barangsiapa dalam perjalanan ingin mendapat perlindungan dari berbagai bencana dan musibah, maka sebelum keluar dari rumah, bacalah Ayat Kursi sebanyak 3 kali.

6.      DAPAT MELEBUR DOSA KECIL
Barangsiapa membiasakan membaca Ayat Kursi pada setiap sholat fardhu, maka faedahnya akan memusnahakan dosa-dosa kecil yang pernah dilakukan, kecuali dosa-dosa yang bersangkutan dengan sesama manusia.
 


No comments:

Post a Comment